Selasa, 27 November 2012


KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Jenis sekolah                : SMK KESEHATAN BANTEN                     Jumlah soal          : 50 soal
Mata pelajaran           : PKn                                                                      Bentuk soal          :Pilihan Ganda
Kurikulum                    : KTSP                                                                   Penyusun              : Badrutamam, S.Ag
Alokasi waktu             : 90 menit                             

KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DI UJI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik
Pengertian Budaya Politik
Siswa dapat mengklarifikasi pengertian budaya politik
PG
1
1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
Tipe-tipe Budaya Politik
·         Tipe Budaya politik yang berkembang di Indonesia
·         Macam-macam tipologi budaya politik
Siswa dapat mengklarifikasikan tipe budaya politik menurut Gabriel A. Almond
PG
2
Siswa dapat menyebutkan komponen objek politik
PG
3
Siswa mampu menggolongkan objek politik
PG
4
Siswa mampu mencirikan budaya politik parokial
PG
5
Siswa dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi perkembangan budaya politik
PG
6
1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi   pengembangan budaya politik
Sosialisasi Budaya Politik
·         Pengerttian sosialisasi budaya politik
·         Mekanisme sosialisasi budaya politik
·         Pengertian, fungsi, dan sistem politik
Siswa dapat mengidentifikasi pelaksanaan politik yang di indonesia
PG
7
Siswa mampu  menyebutkan pengertian sosialisasi politik
PG
8
Siswa dapat mengklarifikasi makna sosialisasi politik
PG
9
Siswa dapat menyebutkan sarana-sarana sosialisasi politik
PG
10
Siswa dapat mengetahui pelaksanaan sosialisasi politik
PG
11


Siswa dapat menganalisis sosialisasi politik di sekolah
PG
12
Siswa dapat memberi contoh  sosialisasi politik di lingkungan sekolah
PG
13
Siswa mampu menyebutkan fungsi komunikasi politik
PG
14
1.4 Menampilkan peran serta budaya politik   partisipan
Budaya politik Partisipan
·         Pengertian partisipasi politik
·         Bentuk-bentuk partisipasi politik
Siswa dapat mengklarifikasi pengertian partai politik
PG
15
Siswa mampu menyebutkan fungsi partai politik
PG
16
Siswa mampu menyebutkan tujuan pendidikan politik
PG
17
Siswa mampu mengetahui tingkat partisipasi politik masyarakat
PG
18
2.1  Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Pengertian dan Prinsip-prinsip Budaya Demokrasi
·         Pengertian demokrasi
·         Macam-macam demokrasi
·         Pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Siswa mampu menyebutkan pasal yang tentang sistem demokrasi di indonesia
PG
19
Siswa dapat menyebutkan demokrasi kuno
PG
20
Siswa mampu menyebutkan demokrasi yang berkembang dibarat
PG
21
Siswa mampu mengidentifikasi pelaksanaan pemilu
PG
22
Siswa dapat mengidentifikasi makna demokrasi di indonesia
PG
23
Siswa dapat menyebutkan demokrasi yang tidak sesuai dengan demokrasi Indonesia
PG
24
2.2  Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Ciri-ciri masyarakat madani
·         Pengertian masyarakat madani
·         Ciri-ciri masyarakat madani
·         Menuju masyarakat madani
Siswa dapat menyebutkan ciri masyarakat madani
PG
25
Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan ciri masyarakat madani
PG
26
Siswa dapat menyebutkan munculnya gagasan masyarakat Madani
PG
27
2.3  Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia
·         Prinsip-prinsip demokrasi di Indonesia
·         Pelaksanaan demokrasi pada masa orla, orba, dan reformasi
Siswa dapat mengidentifikasi yang bukan dampak negative pada masa orba
PG
28
Siswa mampu menyebutkan ciri demokrasi Pancasila
PG
29
2.4  Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
Prilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
Siswa mampu menyebutkan pelaksanaan demokrasi
PG
30
Siswa mampu menyebutkan landasan idiil demokrasi Pancasila
PG
31
Siswa mampu menganalisa pelaksanaan demokrasi di Indonesia
PG
32
Siswa mengetahui pelaksanaan deomokrasi selain indonesia
PG
33
Siswa dapat mengidentifikasi pelaksanaan demokrasi pada sila Pancasila
PG
34
3.1  Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan  keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Keterbukaan dan Keadilan
·         Pengertian keterbukaan dan keadilan
·         Macam-macam keadilan
·         Makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Siswa dapat mengkalarifikasi makna keadilan menurut aristoteles
PG
35
Siswa dapat mengidentifikasi keadilan yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945
PG
36
Siswa dapat mengidentifikasi perbuatan adil sesuai UUD’45
PG
37
3.2  Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
·         Pengertian pemerintah dan pemerintahan
·         Faktor penyebab terjadinya penyelenggaran pemerintahan yang tidaj transparan
·         Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Siswa dapat mengidentifikasi yang bukan dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
PG
38
Siswa dapat menyebutkan salah satu dampak pemerintahan yang tidak transparan
PG
39
Siswa dapat memberi contoh prilaku pejabat yang bersikap transparan
PG
40
3.3  Menunjukkan sikap keterbukaan dan   keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Sikap keterbukaan dan keadilan
·         Bentuk sikap keterbukaan dan keadilan
·         Contoh sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupanbermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Siswa dapat mengidentifikasi sikap dalam mewujudkan keadilan
PG
41
Siswa dapat mengidentifikasi makna keterbukaan
PG
42
Siswa dapat menganalisis penyelenggaraan negara yang terbuka
PG
43
Siswa dapat mengklarifikasi asas penyelenggaraan negara
PG
44
Siswa dapat memberi contoh sikap keterbukaan dalam berbangsa dan bernegara
PG
45
Siswa dapat mengetahui makna pasal 27 ayat 2 UUD’45
PG
46
Siswa dapat mengidentifikasi asas dalam penyelenggaraan negara
PG
47
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri keterbukaan
PG
48
Siswa dapat menganalisis makna nilai dalam keterbukaan
PG
49
Siswa dapat mengidentifikasi dampak positif keterbukaan di bidang politik
PG
50

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Posts

BIMBINGAN BELAJAR FAVORITA INDONESIA PORIS

Followers

Sample Text

Perum Poris Indah Blok G3

Perum Poris Indah Blok G3

Instagram

Facebook

https://web.facebook.com/profile.php?id=100009915887041

Ads

Pages

Blogger templates

Paling Dilihat

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget